Minggu, 29 Juli 2012

Sekilas Tentang Drum Cajon

Drum Cajon semakin populer
karena memang dapat memproduksi suara sebuah drum set dalam satu bentuk instrument. 
Cajon (baca : Kahon) adalah sebuah alat music perkusi (alat music pukul) seperti box drum yang berasal dari Peru dan diperkirakakan sudah banyak digunakan sejak sejak abad 18. Arti kata "CAJON" sendri adalah "kotak", diambil dari bahasa SPANYOL. Alat Musik ini, pada awalnya dimainkan oleh pekerja-pekerja dipelabuhan dan budak-budak. Alat Musik ini sebagai bentuk perlawanan, karena saat itu, Pemerintahan Kolonial Spanyol tidak memberikan kesempatan kepada budak dan pekerja kasar pelabuhan untuk bisa menikmati Musik. Akhirnya, para pekerja ini membuat sendiri musik dengan cara memukul-mukul kotak (Cajon) ikan. Nada yang dihasilkan oleh tabuhan Cajon (kotak) ini kemudian mengiringi mereka bernyanyi.
Bentuknya  mirip seperti box speaker, kotak kayu enam sisi bagian depan sebagi penghasil bunyi yang didalamnya diberi snare gitar bass untuk menghasilkan bunyi mirip hithat, bagian ada lubang udara keluar masuk dari ruang resonansi bunyi. Cara bermain, seorang pemain duduk diatas cajon dan memukul-mukulkan telapak tangannya dengan beberapa teknik dari situlah dapat dihasilkan seperti bunyi drum seperti suara snare, bass drum, rimclik dan suara hihat. Bahan cajon yang bagus biasanya dari kayu maple.
Saat ini, Cajon mulai dikenal di pelbagai negara dan sering digunakan dalampementasan musik akustik. Di Indonesia, alat musik ini “booming” dipergunakan sekitar tahun 2010. Sekarang alat musik ini sering kita jumpai di kafe, mal dan beberapa tayangan musik di televisi.

  Mengetahui bahwa Cajon berasal dari musisi budak di Spanyol kolonial Amerika, ada dua teori asal pelengkap untuk instrumen. Ada kemungkinan bahwa drum adalah keturunan langsung dari sejumlah alat musik petak dari Afrika barat dan tengah, terutama Angola , dan Antillen . Instrumen yang diadaptasi oleh budak Peru dari peti pengiriman Spanyol yang mereka miliki. Di kota-kota pelabuhan seperti Matanzas, Kuba-ikan mereka menggunakan pengiriman krat cod. Di tempat lain, laci kecil menjadi instrumen.
      Teori lain berpendapat bahwa budak kotak hanya digunakan sebagai alat musik untuk melawan kolonial larangan Spanyol kontemporer pada musik di sebagian besar wilayah Afrika. Dengan cara ini, cajon mudah bisa menyamar sebagai kursi atau bangku, sehingga menghindari identifikasi sebagai instrumen musik. Dalam semua kemungkinan itu adalah kombinasi dari faktor-faktor - asal Afrika dan penindasan Spanyol musik budak - yang mengarah pada penciptaan Cajon itu.
       Di masa kontemporer, alat ini menjadi bagian integral dari musik Peru dan musik Kuba .

       Pada 1970-an, komposer Peru dan Cajon master Caitro Soto memberikan Cajon sebagai hadiah untuk gitaris Spanyol Paco de Lucía dalam salah satu kunjungan ke Peru. De Lucía menyukai suara instrumen ini begitu banyak bahwa sebelum meninggalkan negara itu dia membeli sebuah Cajon kedua. Kemudian ia memperkenalkan Cajon untuk flamenco musik. 
Sekilas yang bisa kami sampaikan tentang ASAL - USUL Drum Box Cajon
.TRIMAKASIH.

Di sini kami juga menjual berbagai macam
drum box cajon dengan kualitas yang baik, dan tentunya dari bahan
yang terjamin juga.
Hub : Efendy  087853201487


 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar